Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat-buah-naga-untuk-kesehatan
Manfaat buah naga untuk kesehatan - Buah naga adalah buah dari spesies kaktus yang berasal dari Amerika Utara dan Selatan. Buah ini digunakan dalam pengobatan tradisional dan konvensional karena beragam manfaat kesehatannya.

Manfaat ini berasal dari kandungan nutrisi unik yang dimilikinya. Buah naga kaya akan vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan biji mengandung sedikit lemak sehat. Satu buah naga juga dapat memberikan sekitar 2% dari nilai harian protein yang direkomendasikan. Antioksidan yang ditemukan dalam buah naga melindungi kesehatan kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Vitamin C Untuk Kesehatan Yang Lebih Baik
Buah naga adalah sumber vitamin C. Hanya satu porsi buah naga akan memberikan 21mg vitamin penting ini. Itu sekitar 34% dari nilai harian untuk vitamin C menurut Healwithfood.org. Tubuh kita tidak dapat membuat vitamin C sendiri, jadi penting untuk mendapatkan cukup banyak vitamin ini dari sumber makanan seperti buah naga.

Vitamin C berperan dalam berbagai fungsi tubuh seperti fungsi sistem kekebalan tubuh, perlindungan kanker, pembersihan radikal bebas, produksi kolagen, penyerapan zat besi, dan penyembuhan luka. Vitamin C juga melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan radikal bebas. Jika memiliki kulit berminyak, vitamin C yang ditemukan dalam buah naga dapat membantu mencegah jerawat karena vitamin C juga menunjukkan aktivitas anti-peradangan.

Asupan Nutrisi Tinggi
Buah naga juga dapat meningkatkan produksi kolagen. Sekali lagi ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi. Tetapi manfaat buah naga untuk  kesehatan adalah karena nutrisi lain yang ditemukan dalam buah eksotis ini.

Buah naga mengandung 10% dari nilai harian zat besi yang direkomendasikan. Zat besi memerlukan vitamin C untuk diserap dengan benar, sehingga bisa mendapatkan perlindungan yang efektif terhadap anemia dengan makan buah naga secara teratur di samping sumber zat besi lainnya.

Buah naga juga mengandung nutrisi penting lainnya, meskipun dalam jumlah yang lebih kecil dan ini termasuk vitamin B1, B2 dan B3 serta mineral kalsium, fosfor dan seng. Biji yang ditemukan di dalam pulp buah yang renyah mengandung asam lemak bermanfaat yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Perlindungan Terhadap Penyakit Kardiovaskular
Studi pada buah naga telah meneliti efek buah ini terhadap kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Penelitian Farmakognosi menemukan bahwa buah naga dapat melindungi kesehatan kardiovaskular pada mereka yang menderita diabetes. Efek ini ditemukan sebagai hasil dari kemampuan buah untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah hasil dari serangkaian kejadian di tubuh. Ini dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih dari radikal bebas. Molekul tidak stabil yang merusak sel menyebabkan penyakit seperti diabetes, kanker, penyakit jantung. Dan itu bahkan mengarah ke beberapa jenis radang sendi.

Fungsi sistem kekebalan tubuh yang buruk, defisiensi nutrisi, stres kronis, radiasi, dan hal-hal lain dapat membuat lebih rentan terhadap stres oksidatif. Diet tinggi vitamin C dan antioksidan diyakini secara signifikan mengurangi beban radikal bebas yang terjadi pada tubuh.

Mengurangi Risiko Penyakit Hati
Buah naga juga dapat membantu mengurangi risiko yang terkait dengan obesitas dan penyakit metabolik. Sebuah penelitian yang diterbitkan PLOS One menemukan bahwa tikus diberi jus buah naga serta diberi diet tinggi karbohidrat dan tinggi lemak.

Tikus yang diberi jus buah naga memiliki fungsi hati yang lebih baik dan mengurangi resistensi insulin dibandingkan dengan tikus yang tidak. Studi ini juga menunjukkan bahwa buah naga melindungi hati dari penyakit hati berlemak sementara juga meningkatkan fungsi metabolisme secara keseluruhan.

Temuan ini tidak berarti bahwa buah naga adalah penurunan berat badan yang ajaib berfungsi sebagai penyangga untuk diet yang buruk. Ini lebih berarti bahwa buah memberikan banyak manfaat kesehatan metabolik yang akan ditingkatkan ketika mengikuti penurunan berat badan atau diet sehat.

Peningkatan Kesehatan Pencernaan
Buah naga juga merupakan pilihan yang bagus untuk mereka yang memiliki masalah pencernaan. Buah ini secara tradisional direkomendasikan untuk membantu dalam masalah sembelit dan pencernaan yang buruk. Ini seharusnya tidak mengherankan mengingat buahnya tinggi serat. Tetapi biji-biji kecil di dalam ampas buah juga diyakini membantu membantu pencernaan sebagai stimulasi gerakan usus. Lebih lanjut, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology menemukan bahwa buah naga secara positif mempengaruhi mikrobiota usus.

Artinya, dengan makan buah naga secara teratur akan menjaga kesehatan usus yang lebih baik. Dan sejauh studi di atas berjalan, fungsi usus yang lebih baik juga dapat mengurangi risiko kelebihan berat badan, fungsi hati yang buruk, dan resistensi insulin.

Kesimpulan
Menambahkan buah naga ke smoothie atau salad buah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit dan keseluruhan. Buah yang mengandung vitamin C tinggi dikenal untuk mengurangi kerutan dan jerawat. Beberapa bahkan menyarankan bahwa buah naga bekerja lebih baik daripada beberapa pelembab kulit. Namun, manfaat buah naga bukan hanya untuk kesehatan kulit. Buah naga juga melindungi tubuh dari kanker, diabetes, penyakit hati. Dan bahkan kondisi lain yang terkait dengan pola makan dan gaya hidup yang buruk.

0 comments