6 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

manfaat-buah-naga
Buah naga adalah makanan super tropis yang lezat yang dapat melakukan banyak hal untuk kesehatan. Manfaat buah naga seperti anti-penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan stabilisasi kadar gula darah yang sangat baik bagi pasien diabetes.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah naga penuh dengan flavonoid dan vitamin C yang melawan flu, sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan, mengandung lebih banyak vitamin C daripada wortel, membuat buah naga menjadi salah satu buah sumber vitamin C tertinggi. Buah naga juga menduduki peringkat tinggi dalam daftar kandungan antioksidan. Dan bahkan lebih banyak lagi dukungan dari vitamin B1, B2, B3, serta kalsium, fosfor, besi, protein, niacin, dan serat yang bekerja sama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi prima.

Mikronutrien dalam buah naga juga mengesankan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science mengamati kandungan polifenol dan flavonoid dan efek pada beberapa jalur sel kanker dari ekstrak daging dan kulit buah naga putih dan merah. Kedua ekstrak ini mengungkapkan aktivitas antikanker dan korelasi langsung antara konten fenolik dan efek antioksidan, menunjukkan bahwa ekstrak buah naga merupakan bahan yang berharga dalam makanan serta kosmetik, nutraceuticals dan bahkan aplikasi farmasi.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Kita tahu bahwa serat membantu pencernaan dan cara terbaik untuk mendapatkan serat adalah melalui buah dan sayuran. Buah naga mengandung serat yang baik untuk membantu dengan gerakan usus. Ia bahkan dapat membantu menghilangkan masalah sembelit dan IBS. Buah naga mengandung sekitar satu gram serat per 100 gram untuk versi segar dan sekitar 10 gram per 100 gram versi kering, menjadikannya makanan berserat tinggi.

Alasan lain manfaat buah naga bagi pencernaan adalah karena oligosakarida yang dikandungnya. Oligosakarida ini bekerja sebagai prebiotik, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Dan itu tidak dapat dilakukan oleh semua prebiotik.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 3 Biotech, "pengenalan senyawa fungsional seperti prebiotik dalam diet tampaknya menjadi alternatif yang menarik untuk memperbaiki kualitas hidup yang dipenuhi dengan obesitas, kanker, hipersensitivitas, penyakit pembuluh darah dan penyakit degeneratif." )

3. Perawatan Dan Pencegahan Diabetes
Serat juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan menjaga gula darah normal. Buah naga dapat membantu dengan mencegah lonjakan kadar gula setelah makan makanan indeks glikemik tinggi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy Research menemukan bahwa manfaat buah naga memiliki hasil positif pada stres oksidatif pada subjek yang dites, menunjukkan mengonsumsi buah naga bermanfaat dalam mengurangi beberapa masalah yang mungkin terkait dengan diabetes. Penelitian lebih lanjut meneliti bagaimana manfaat buah naga terhadap resistensi insulin pada tikus gemuk menemukan bahwa makan buah naga dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan gejala diabetes.

4. Jantung Yang Sehat
Penelitian yang sama mencatat bahwa manfaat buah naga dalam kaitannya dengan diabetes dan stres oksidatif juga mengevaluasi efek yang mungkin dimiliki buah naga pada jantung. Angka-angka yang mengejutkan tentang berapa banyak orang meninggal setiap tahun dari penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner. Diperkirakan 175 juta orang meninggal setiap tahun karena masalah jantung, sekitar 31 persen dari semua kematian di seluruh dunia.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy Research menunjukkan bahwa buah naga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik, membuat buah naga menjadi makanan penurun kolesterol yang sangat baik. Selain itu, karena ini adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik sehingga dapat membantu menjaga jantung tetap dalam kondisi baik.

Dan jangan lupakan biji-biji hitam kecil yang ada di dalam buah naga. Kontribusinya besar dalam menghasilkan asam lemak omega-3 dan omega-6. Penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dan omega-6 ini dapat menurunkan kadar trigliserida darah yang pada akhirnya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Tampak Awet Muda
Antioksidan luar biasa dalam menjaga bagian dalam tubuh yang juga menjaga kesehatan kulit. Dalam hal ini karena kandungan vitamin C, melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap kencang yang dapat menjadikan tampak awet muda.

Selain itu, fosfor dalam buah naga memberikan dorongan anti-penuaan. Fosfor, mineral penting yang ditemukan di setiap sel tubuh, membentuk sekitar 1 persen dari total berat badan. Karena itu ditemukan di setiap sel, efeknya pada perbaikan sel-sel itu penting bagi peremajaan kulit dan mencegah penuaan dini.

6. Mencegah Kanker
Buah naga mengandung phytoalbumin dikombinasikan dengan vitamin C dan mineral, membuat buah naga sangat penting sebagai antioksidan dan kualitas pencegah kanker. Masih ada karakteristik lain yang dapat membantu dalam pencegahan kanker yaitu likopen yang dikandungnya. Likopen juga ditemukan dalam tomat, menawarkan warna yang kaya dan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mengandung "efek kemopreventif untuk kanker prostat, payudara, paru-paru, hati dan kulit."

Studi lain yang diterbitkan di Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa sel-sel kanker mengalami kesulitan hidup dan berkurang secara signifikan ketika diobati dengan likopen. Evaluasi kanker ovarium menunjukkan penurunan jumlah sel kanker setelah perawatan likopen. Dan kandungan likopen pada buah naga, menjadikannya makanan yang berpotensi melawan kanker.

0 comments