Apakah Manfaat Nanas Bisa Untuk Menurunkan Asam Urat?

manfaat-nanas-untuk-asam-urat
Manfaat nanas untuk asam urat - Nanas rendah kalori, bebas kolesterol dan kaya nutrisi penting seperti mangan, tembaga dan vitamin C. Ini juga mengandung senyawa yang dapat membuatnya menjadi buah yang baik untuk dimasukkan secara teratur dalam diet jika kamu memiliki asam urat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan. Cara mengobati asam urat biasanya melalui kombinasi pengobatan dan perubahan pola makan. Jangan mencoba mengobati asam urat hanya dengan makanan seperti nanas sebelum berkonsultasi kepada dokter kamu.

Konsentrasi Purin
Individu dengan asam urat mengikuti diet rendah purin. Purin adalah senyawa yang ditemukan dalam makanan seperti daging, jeroan, ekstrak daging dan kaldu dan makanan laut seperti kerang, mackerel, dan scallop. Mereka juga terjadi dalam konsentrasi yang lebih moderat pada unggas, sapi, kebanyakan ikan, kacang-kacangan dan sayuran seperti asparagus dan bayam. Purin dimetabolisme oleh tubuh menjadi asam urat, senyawa yang terbentuk di persendian orang dengan asam urat. Diet rendah purin berfokus terutama pada makanan dengan 50 miligram atau lebih sedikit purin per 100 gram makanan. Nanas bersama dengan semua buah lainnya termasuk dalam kategori rendah purin, sehingga makan nanas boleh bagi penderita asam urat.

Efek Bromelain
Nanas adalah satu-satunya sumber alami bromelain, nama yang diberikan kepada sekelompok enzim yang memecah protein. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam "Cancer Chemotherapy and Pharmacology" melaporkan bahwa bromelain, bersama dengan enzim serupa, menurunkan jumlah faktor pertumbuhan transformasi-beta pada orang yang memiliki rheumatoid arthritis. Penurunan faktor pertumbuhan transformasi-beta yang berlebihan dapat membantu meringankan gejala arthritis, berteori para peneliti. Karena asam urat merupakan jenis radang sendi, penderita asam urat juga dapat mengambil manfaat dari bromelain meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan. Belum diketahui apakah makan nanas dapat memberikan cukup bromelain untuk membantu menurunkan asam urat.

Efek Vitamin C
Satu cangkir potongan nanas mengandung 79 miligram vitamin C. Jumlah ini memasok hampir 88 persen dari asupan harian yang direkomendasikan seorang pria dan lebih dari 100 persen kebutuhan wanita. Sebuah studi yang diterbitkan pada 2005 oleh "Arthritis and Rheumatism" menetapkan bahwa asupan tinggi vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat darah dan membantu mengobati dan mencegah asam urat. Subyek dalam penelitian ini mengonsumsi 500 miligram vitamin C setiap hari selama dua bulan. Meskipun nanas dan buah dan sayuran lain merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, tidak mungkin bagi orang untuk mengkonsumsi cukup vitamin C secara teratur melalui diet untuk mereplikasikan hasil studi.

Asupan Yang Direkomendasikan
Tidak seperti buah-buahan seperti apel, semangka, pir, anggur, mangga dan buah plum, nanas rendah fruktosa. Sebuah studi British Medical Journal dari 2008 menemukan bahwa diet tinggi fruktosa dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat. Karena itu adalah makanan rendah fruktosa, nanas dapat digunakan secara bebas untuk memenuhi dua hingga empat porsi buah harian yang direkomendasikan oleh University of Pittsburgh Medical Center bagi penderita asam urat. Secangkir irisan atau potongan nanas setara dengan satu porsi.

0 comments