Efek Samping Dari Makan Buah Nanas

efek-samping-buah-nanas
Efek samping buah nanas - Dengan kulit kasar dan bertekstur dan mahkota daun hijau runcing, nanas tidak tampak sebagai buah yang sangat menarik dari luar. Tapi begitu dipotong buah tropis ini, menyajikan daging kuning yang berair dan cerah dengan rasa manis dan aroma yang lezat. Meskipun buahnya penuh dengan nutrisi yang sehat, terlalu banyak makan nanas dapat menghasilkan efek samping yang tidak menyenangkan.

Nutrisi Buah Nanas
Dikemas penuh vitamin C dan rendah kalori, nanas bisa menjadi tambahan yang sehat untuk hampir semua diet. Satu irisan buah berair ini mengandung sekitar 60 kalori, dengan sedikit sodium. Namun, itu bebas lemak dan kolesterol. Dengan lebih dari 1 gram serat per 100 g buah, manfaat nanas juga dapat membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat. Nanas adalah sumber kalsium, kalium, vitamin A dan folat yang baik. Nanas juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan sekitar 100 mg vitamin C hanya dalam dua irisan buah.

Penggunaan Buah Nanas Sebagai Obat
Seiring dengan banyak nutrisi, nanas juga mengandung bromelain yaitu enzim yang mencerna protein. Enzim ini digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis. Bromelain dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar dan rasa sakit yang terkait dengan otot, tendon dan cedera kulit. Karena membantu mencerna protein, enzim ini juga bisa digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan dan nyeri ulu hati.

Efek Samping Buah Nanas
Setelah makan nanas dalam jumlah besar, kamu mungkin mengalami pembengkakan atau kelembutan di bibir, pipi bagian dalam, dan lidah. Biasanya, reaksi ini disebabkan oleh sifat pelunak daging dari nanas dan itu hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam. Namun, jika pembengkakan disertai dengan ruam, gatal-gatal atau kesulitan bernapas, itu bisa menunjukkan alergi nanas. Dalam hal ini, berhenti makan dan segera cari pertolongan medis.

Mengonsumsi terlalu banyak vitamin C umumnya cukup aman. Sebagai vitamin yang larut dalam air, kelebihan vitamin C umumnya diekskresikan melalui urin. Namun, vitamin C dosis tinggi dapat menyebabkan diare, mual, muntah, sakit perut, nyeri ulu hati, sakit kepala dan insomnia. Mengonsumsi terlalu banyak bromelain buah dapat menyebabkan ruam kulit, muntah, diare, dan perdarahan menstruasi yang berlebihan. Enzim dalam dosis besar juga dapat merangsang kontraksi uterus, berpotensi menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

Interaksi Buah Nanas
Bromelain dalam nanas berpotensi berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. University of Maryland Medical Center merekomendasikan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi nanas atau mengonsumsi suplemen bromelain jika saat ini kamu mengonsumsi antibiotik, antikoagulan, antikonvulsan, barbiturat, benzodiazepin, pengencer darah, obat insomnia, dan antidepresan trisiklik. Alkohol dan ramuan tertentu seperti akar valerian atau kava juga berinteraksi dengan bromelain.

Nanas Muda
Makan buah atau minum jus nanas muda bisa sangat berbahaya. Faktanya, situs web Drugs.com menjelaskan bahwa itu cukup beracun bagi manusia, efek samping makan buah atau minum jus nanas muda sering menyebabkan diare berlebihan dan muntah hebat.

0 comments