Apakah Manfaat Nanas Untuk Penderita Asam Lambung?

manfaat-nanas-untuk-asam-lambung
Manfaat nanas untuk asam lambung - Penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus (tabung yang menghubungkan perut dan mulut). Gejala khas penyakit asam lambung termasuk sakit maag atau rasa panas di dada, serta sensasi makanan yang kembali ke esofagus setelah tertelan. Nanas ada dalam daftar makanan yang biasanya dianggap memperburuk asam lambung, dengan keyakinan bahwa buah ini jika dimuntahkan dari perut dapat mengiritasi kerongkongan dan tenggorokan . Namun, kurangnya penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan asam meningkatkan gejala, menurut pedoman praktik klinis 2013 American College of Gastroenterology. Alih-alih pembatasan konsumsi terhadap buah-buahan asam seperti nanas, pedoman ini mendukung pendekatan individual untuk menghindari makanan yang memperburuk gejala penyakit asam lambung.

Gaya Hidup Dan Penyakit Asam Lambung
Penyakit asam lambung secara tradisional dikontrol dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup. American College of Gastroenterology, atau ACG, menguraikan rekomendasi panduan gaya hidup yang paling didukung oleh penelitian. Seperti penurunan berat badan jika kelebihan berat badan, meninggikan kepala tempat tidur saat tidur dan menghindari makan 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Sementara ACG tidak merekomendasikan bahwa setiap orang dengan penyakit asam lambung menghindari makanan yang sama, pedoman ini mengklarifikasi bahwa mereka yang terkena penyakit asam lambung akan memiliki berbagai tingkat toleransi makanan. Jadi, jika kamu menemukan bahwa nanas atau makanan asam lainnya seperti jeruk dan tomat memperparah gejala penyakit asam lambung, kamu dapat mencegah gejala penyakit asam lambung dengan menghindari atau membatasi makanan tersebut.

Manfaat Nanas
Nanas adalah buah bergizi yang digunakan dalam masakan di seluruh dunia. Ini rendah lemak, sumber serat yang baik dan tinggi vitamin C. Memasukkan lebih banyak buah dan sayuran adalah perubahan diet positif, dapat membantu jika mencoba menurunkan berat badan dan penurunan berat badan dapat mencegah penyakit asam lambung. Nanas juga mengandung bromelain, enzim yang membantu pencernaan. Karena bromelain, manfaat nanas telah lama dianggap sebagai makanan yang bermanfaat untuk mengelola keluhan pencernaan seperti asam lambung. Namun, sedikit data tersedia tentang jumlah bromelain yang secara alami ditemukan pada nanas dan perannya dalam mengelola penyakit asam lambung.

Nanas Dan Penyakit Asam Lambung
Makanan dianggap asam jika didefinisikan dengan memiliki pH di bawah 7, nanas dengan pH 3,2-4,1 ternyata lebih asam daripada banyak makanan lainnya. Secara historis, menghindari makanan asam tinggi telah direkomendasikan untuk membantu mengendalikan gejala sakit maag. Namun, penelitian belum mengkonfirmasi manfaat dari pendekatan diet ini, menurut pedoman praktik klinis ACG 2013. Jika nanas memperparah gejala, perlu menghindari buah ini untuk meredakan gejala. Sebagai alternatif, dapat menilai toleransi dalam jumlah kecil dengan makanan atau mencoba memasangkan buah ini dengan makanan yang lebih rendah asam atau menetralisirnya. Misalnya, Dr. Jonathan Aviv, dalam bukunya "Killing Me Softly From Inside," merekomendasikan agar nanas hanya dikonsumsi jika dicampur dengan makanan penetral seperti kedelai, almond, atau santan. Singkatnya, sangat membantu untuk melakukan pengecekan terhadap diri sendiri untuk menentukan apakah nanas meningkatkan atau memperburuk penyakit asam lambung.

Mengontrol Asam Lambung
Selain mengelola ketidaknyamanan kondisi ini, penyakit asam lambung dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius. Penyakit asam lambung yang tidak terkontrol atau parah dapat menyebabkan kondisi prakanker yang dapat berkontribusi pada perkembangan kanker esofagus. Pengontrolan penyakit asam lambung yang efektif adalah penting. Selain perubahan gaya hidup, yang termasuk menghindari atau membatasi makanan yang memperburuk gejala, temui dokter jika mengalami lebih dari gejala sakit maag sesekali. Dokter dapat meresepkan obat-obatan tertentu untuk meredakan asam lambung dan memberikan rekomendasi untuk membantu menangani kondisi ini.

0 comments