Manfaat Dan Bahaya/Efek Samping Buah Nanas

manfaat-dan-bahaya-buah-nanas
Manfaat dan bahaya buah nanas - Nanas adalah buah tropis yang kaya akan vitamin, enzim dan antioksidan. Manfaat nanas dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun tulang yang kuat dan membantu gangguan pencernaan. Juga, meskipun manis, nanas memiliki kalori rendah.

Nanas adalah anggota keluarga bromeliad dan salah satu dari sedikit bromeliad untuk menghasilkan buah yang dapat dimakan, menurut departemen biologi di Union County College. Buah ini sebenarnya terbuat dari banyak buah individu yang bergabung bersama di sekitar inti pusat. Setiap skala nanas adalah buah individu.

Manfaat nanas sama memesonanya seperti anatomi mereka. “Nanas mengandung banyak vitamin C dan mangan,” kata ahli gizi San Diego, Laura Flores. Buah tropis ini juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan serat makanan penting dan bromelain (enzim). “Selain memiliki sejumlah besar mangan yang penting untuk pertahanan antioksidan, nanas juga mengandung sejumlah besar thiamin, vitamin B yang terlibat dalam produksi energi,” kata Flores.

Untuk semua kemanisannya, satu cangkir potongan nanas hanya mengandung 82 kalori. Nanas juga bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah sodium. Tidak mengherankan, mereka memang mengandung gula hanya 16 gram per cangkir.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Nanas mengandung semua nilai harian vitamin C yang direkomendasikan, menurut FDA. Vitamin C adalah antioksidan utama yang larut dalam air yang memerangi kerusakan sel, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Ini membuat vitamin C menjadi petarung yang membantu melawan masalah seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

Meningkatkan Kesehatan Tulang
Nanas dapat membantu kamu tetap tegap dan kuat. Buah ini mengandung hampir 75 persen dari nilai mineral mangan yang direkomendasikan, sangat penting dalam membangun tulang yang kuat dan jaringan ikat, menurut Linus Pauling Institute. Satu studi tahun 1994 menunjukkan bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita pasca-menopause.

Meningkatkan Kesehatan Mata
"Nanas dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, penyakit yang memengaruhi mata seiring bertambahnya usia, sebagian karena tingginya jumlah vitamin C dan antioksidan yang dikandungnya," kata Flores.

Menjaga Pencernaan Yang Sehat
Seperti banyak buah dan sayuran lainnya, nanas mengandung serat makanan yang penting dalam menjaga menjaga kesehatan usus, menurut Mayo Clinic. Namun tidak seperti buah dan sayuran lainnya, nanas mengandung sejumlah besar bromelain (enzim pemecah protein) yang membantu dalam proses pencernaan, menurut American Cancer Society.

Manfaat Anti-inflamasi
"Karena campuran kompleks zat yang dapat diekstraksi dari inti nanas yang dikenal sebagai bromelain, manfaat nanas dapat membantu mengurangi peradangan parah dan dapat mengurangi pertumbuhan tumor," kata Flores. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu dalam mengobati osteoartritis, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Peradangan yang berlebihan sering dikaitkan dengan kanker, dan menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Centre, bromelain dan enzim proteolitik lainnya telah terbukti meningkatkan tingkat kelangsungan hidup hewan dengan berbagai tumor. Namun, belum ada bukti klinis yang menunjukkan bahwa hasil seperti itu akan terjadi pada manusia.

Mengurangi Pembekuan Darah
Flores mencatat bahwa karena tingkat bromelain mereka, manfaat nanas dapat membantu mengurangi koagulasi darah yang berlebihan. Ini menjadikan nanas sebagai camilan yang baik dan yang berisiko untuk pembekuan darah.

Mengurangi Peradangan Dan Sinus
Selain memiliki banyak vitamin C, bromelain nanas dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung, menurut University of Maryland Medical Center. Jadi jika pilek dan batuk, cobalah beberapa potongan nanas. Mereka yang memiliki alergi mungkin ingin mempertimbangkan memasukkan nanas ke dalam makanan mereka lebih teratur untuk mengurangi lendir sinus jangka panjang.

Bahaya/Efek Samping Buah Nanas Untuk Kesehatan

"Karena nanas adalah pelunak daging yang baik, makan terlalu banyak dapat menghasilkan kelembutan mulut, termasuk bibir, lidah dan pipi," kata Flores. "Tapi, efek tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam." Jika tidak atau mengalami ruam, gatal-gatal atau kesulitan bernapas, kamu harus mencari bantuan medis segera. Kamu mungkin bisa mengalami alergi nanas.

Flores menunjukkan kemungkinan negatif terhadap kadar vitamin C yang tinggi pada nanas. "Karena tingginya jumlah vitamin C yang dikandung nanas, mengkonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan diare, mual, muntah, sakit perut atau jantung terasa terbakar," katanya.

Selain itu, jumlah bromelain yang sangat tinggi dapat menyebabkan ruam kulit, muntah, diare, dan perdarahan menstruasi yang berlebihan, menurut University of Maryland Medical Center. Bromelain juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat. Mereka yang mengonsumsi antibiotik, antikoagulan, pengencer darah, antikonvulsan, barbiturat, benzodiazepin, obat insomnia, dan antidepresan trisiklik harus berhati-hati untuk tidak makan terlalu banyak buah nanas.

Makan nanas yang belum matang atau minum jus nanas yang belum matang itu berbahaya, menurut laporan departemen hortikultura di Universitas Purdue. Dalam keadaan ini, itu beracun bagi manusia dan dapat menyebabkan diare dan muntah yang parah.

0 comments